Posted by : Zahran Aghna Tuesday 1 June 2021

 A brother of mine from far eastern side, once told me...
"Fortune favors the brave."

Halo semua, udah lama blog ini gak aktif. Bercampur-campur alasan yang ada dari mulai males ngurus, gak ada waktu, dan lupa blog ini pernah ada. Ngomong-ngomong, akhir-akhir ini aku lagi disibukan sama aktivitas jual beli disela-sela kuliah. Aneh gak tuh, dari dulu ngepet lewat nulis artikel dan jual jasa desain tiba-tiba pindah ke jual beli?


Singkatnya, setahun terakhir ini drive buat buka jasa maupun bikin ilustrasi serta desain lagi nol banget. Art block dan rasa percaya diri yang tiba-tiba turun jadi enggak buat aku sreg lagi buat terjun ke dunia per-Adobe-an. Seenggaknya, untuk sementara ini. Jadi setelah sekian lama nganggur, aku stressed out gimana caranya biar ga ngebusuk. Akhirnya dua bulan yang lalu mulai deh dengan mining alt-coin. Tapi, karena komputer yang enggak mungkin selalu dinyalain 24 jam dan berbagai alasan lain, aku gak jadiin mining main source dari income-ku, sehari cuma bisa nambang $1.44 doang deh akhirnya sampai sekarang.


Setelah muterin otak pusing gimana caranya dapet cuan  duit gimana, soalnya beneran gak ada pegangan sepeser pun di rekening, akhirnya aku keinget aku punya akun Genshin Impact, kebetulan juga udah mulai jenuh mainnya. Akhirnya aku jual akun itu di salah satu forum jual beli internasional, Epicnpc. Sebenernya, alesan jual akun itu juga buat nambah-nambahin ketemu cewekku nanti wkwk, sebagian uangnya aku simpan buat itu, sisanya masih ada di rekening. Ada duit nganggur kan tuh jadinya


Karena sebelumnya udah ada pengalaman jual beli akun di forum itu, aku pakai sisa uang itu buat beli akun Genshin lainnya dari seller Indonesia. Perlu aku kasih tau dulu, pasar jual beli akun game di Indonesia itu super ancur. Harganya jauh dibawah harga pasar luar, dan pake harga rupiah juga jadi jauh lebih murah. Akhirnya aku beli akun Genshin yang harga 250 ribu, dan dijual di forum luar seharga $40 USD dan ga sampai beberapa jam laku. Dengan sekali penjualan itu aja, aku udah untung Rp. 319.000. Setelah itu, aku inisiatif sendiri buat gabung dan analisa market game lain seperti Valorant, 7DS, Pokemon Go dan lain-lain.


Aktivitas diatas akhirnya diulang terus, dengan tiap pembelian untungnya dipakai sebagian buat nambahin ke modal buat beli akun lagi, recap lengkapnya dibawah, klik gambarnya buat enlarge/zoom ya:





Jadi, setelah ngelakuin jual beli akun secara berulang kali dari periode 1 Mei - 1 Juni, yang sudah dikurangin fee tarik Paypal, tanam modal yang disisihin tiap penjualan, profit bersihku yakni bernilai Rp. 5.222.312. Dengan angka dan jangka waktu ini, aku bersyukur alhamdulillah dan masih terus berniat buat menjadikan ini pegangan untuk sekarang.

Terus zah, uangnya kemana tuh? Sebagian besar aku tabung, sebagian disimpan dalam bentuk crypto, sebagian lagi jadi dana darurat, dan beberapa diantaranya pegangan buat makan, bayar membership gym dan lain-lain.

Postingan ini juga bersifat motivasi dan pengingat buat diri sendiri yang kadang kurang percaya diri. Maka dari itu, isinya gak cuma buahnya doang dong, ini beberapa poin penting yang aku ambil dari pengalamanku jual beli akun yang dimana aku sendiri masih baru dibidang ini. Beberapa diantaranya:

1. Cek kedalaman air pada bidang yang kamu tekuni

Seperti yang pernah aku ulang diatas, dalam hal jual beli ini aku sebelumnya gak pernah punya pengalaman. Aku gak pernah tau market dari game Genshin Impact, Valorant atau 7DS gimana. Tapi akhirnya aku riset sendiri, seperti requirement/item apa yang instant sold kalau dijual dan bisa nge-kickstart harga. Cari tau lagi apa yang kamu jual punya keunggulan sendiri dari yang orang jual di harga pasaran? Pahamin cara bagiin pure profit, modal, dan dana darurat/pribadi.

2. Perluas radar

Jangan cuma diem di satu hal kalau kamu udah nguasain atau nyaman terhadap hal tersebut. Aku sendiri asalnya cuma jual akun Genshin aja, tapi akhirnya penasaran ke market game lain karena memang demandnya tinggi juga. Akhirnya, aku terjun ke jual beli akun di Valorant. Setelah diteliti dan coba berkali-kali, ngejual akun di Valorant jauh lebih cepat lakunya dan bisa demand harga diatas market kalau kamu punya item spesifik, dalam konteks ini, item bernama Ruin Dagger. Terjun ke Valorant jadi mempercepat rate selling-ku dibanding pada saat di Genshin.

Perluas koneksi juga wajib, karena aku jualan akun ke orang-orang luar, aku jadi temen juga sama banyak pembeliku. Salah satu diantara mereka juga seorang seller ternama di bagian Pokemon Go. Akhirnya dikasih tuh banyak tips dan spesifikasi-spesifikasi akun PoGo kayak gimana yang dicari orang-orang.





Dan ya, akhirnya aku terjun ke Valorant plus sekarang lagi neliti market PoGo lebih dalam wkwk.

3. Nama dan reputasi, yang ngatur nasib kamu di jual beli


Sebelum tokoku punya nama di forum Epinpc, jual akun apapun itu selalu susah, lama, dan harus dibawah average market price mulu baru bisa laku. Buyer juga kadang suka ketakutan buat pembayaran duluan karena aku gak punya reputasi/review apapun. Tapi beda cerita pas feedback udah mulai numpuk. Barang yang dijual gak jarang laku dalam hitungan jam, nempatin harga diatas market price juga laku enggak masalah sama sekali, nambah profit yang lebih-lebih.

Total tokoku udah ngejual 50 penjualan lebih tapi ternyata kdang orang luar juga pada males ngasih bintang 5 dan review hadeh. 








3. Kuasain Bahasa Inggris itu wajib, kalau kolam kamu di ranah Internasional

Ini wajib, mandatory. Selain buat ngebuka peluang dalam bidang yang kamu tekuni, bahasa Inggris juga tentunya bisa jadi investasi pribadi dalam konteks day-to-day. Kamu punya visi/rencana yang melibatkan orang diluar budaya dan bahasamu sendiri untuk ikut serta, tapi kamunya sendiri gak tau cara mengkomunikasikannya, gimana mau terwujud?

4. Last but not least, jangan naif, jangan berjangka pendek


Selama jual beli aku seringkali diingatkan oleh cewekku biar gak naif dan sabar. Soalnya aku sering curhat ke dia kalau daganganku bisa aja 2-3 hari ga laku jadi pengen nurunin harganya. Tapi dia bilang sabar aja, jangan keburu-buru soalnya apa yang dicari orang kalau emang ketemu harga berapa pun gak masalah.

Sebelum aku jadiin jual beli ini salah satu main source-ku (terjadi di bulan April, sebelum Mei), aku juga pernah ketipu Rp. 450.000 dan hampir ketipu Rp. 550.000. Semua itu karena aku percaya sellernya yang bilang "percaya sama gw, gw ga akan macem-macem, apalagi bulan Ramadhan." Iya, gw ketipu pas bulan Ramadhan, sellernya ada masalah sebelum bisa ngasih akunnya ke aku, dan aku iya-iya in aja. Jadi deh, cewekku ngomong kalau omongan manusia itu emang gak bisa dipegang, dan jualan itu gak bisa pake hati.

Selain itu, aku juga berpikiran buat berhenti di tengah-tengah karena ngerasa puas diluan dan mau langsung narik uangnya buat beli barang-barang. Tapi aku mikir lagi, kalau aku terus tekunin dan mikir jangka panjang dan terus ngumpulin uangnya, aku bisa beli barang-barang yang aku mau tanpa harus khawatir uang bakal habis.

Kayaknya cukup ya? Makasih udah mau baca jurnal yang dibuat jam 3 subuh ini. Semoga bisa somehow ngasih beberapa insight buat nyawa yang masih struggle dan kurang percaya sama diri sendiri juga. Selama keinginan kamu masih panas, selalu ada jalan.

Fortis Fortuna Adiuvat

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © Zood's Personal Blog - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesigned by Zahran Aghna